Rabu, 13 Mei 2015

Pengertian chef


 KOKI atau CHEF

Koki atau juru masak adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap.
chef adalah kepala koki
Jadi jelas sudah, yang membedakan chef dan koki adalah tingkatan dalam pekerjaan dapur rumah makan atau restoran. koki tugas utamanya memasak sedangkan chef tugas utamanya adalah memimpin seluruh kru di dapur atau restauran agar memenuhi semua pesanan customer.
Koki atau juru masak adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap. Istilah ini kadang merujuk pada chef, walaupun kedua istilah ini secara profesional tidak dapat disamakan. Istilah koki pada suatu dapur rumah makan atau restoran biasanya merujuk pada orang dengan sedikit atau tanpa pengaruh kreatif terhadap menu dan memiliki sedikit atau tanpa pengaruh apapun terhadap dapur. Mereka biasanya adalah semua anggota dapur yang berada di bawah chef (kepala koki).
Jenis restoran lain mungkin memiliki menu yang relatif konstan dan hanya memiliki orang-orang yang dapat menyiapkan makanan secara cepat dan konsisten, serta tidak terlalu membutuhkan kepala koki. Restoran jenis ini dapat dijalankan sepenuhnya oleh koki, contohnya pada restoran cepat saji.
Seputar Chef
Asal Muasal
Kata ‘chef‘ berasal dari istilah dalam bahasa Perancis chef de cuisine yang berarti kitchen director atau orang yang mengepalai dapur. Seorang chef mengatur segala sesuatu yang terjadi di dapur. Dari penentuan menu, kreasi masakan, pemilihan bahan-bahan, persiapan memasak, hingga hasil akhir masakan dengan standart yang tinggi.
Tingkatan jenjang karier
Dari paling bawah, ada cook helper atau kitchen assistants yang membantu menyediakan bahan-bahan masakan.
Lalu, ada commis yang kerjanya hampir sama dengan kitchen assistants, tapi posisinya lebih tinggi. Setelah itu ada demi chef dan chef de partie, yang mirip supervisor, mengawasi kerja anak buah sambil turun langsung bekerja, tapi juga memberi laporan ke atas.
Di atasnya, ada sous chef yang bertanggung jawab pada resep-resep.
Dan paling atas, ada executive chef yang bertanggung jawab pada semua urusan di dapur.
Kalau seorang koki kerjanya bagus, dalam satu tahun biasanya akan naik satu tingkat
Untuk lebih lengkapnya, berikut ini terdapat beberapa nama chef berdasarkan tugasnya masing-masing secara profesional, namun tak semua restoran ataupun tempat-tempat yang memakai tenaga chef ini selalu mempunyai kesemua jenis profesi chef yang akan disebutkan berikut ini.
Executive chef, seperti namanya, executive chef bertanggung jawab dengan semua hal yang berkaitan dengan perdapuran, termasuk mengkreasikan jenis-jenis menu yang akan ditawarkan kepada pelanggan, manajemen staff ataupun segala hal yang berhubungan dengan aspek-aspek bisnis lainnya, misalnya saja jika ada yang tertarik untuk menggunakan jasa katering dari restoran yang bersangkutan, masalah menu yang ditawarkan dan hal lainnya. Untuk posisi ini tentunya diperlukan keahlian dan pengalaman yang cukup, dan chef inipun juga tak ragu untuk tetap terjun di lapangan dalam arti tetap sebagai juru masak, tak hanya mengkreasikan resep-resep baru saja. Bisa saja executive chef ini disebut hanya sebagai “chef” atau “head chef” saja.
Chef de Cuisine, hampir sama artinya dengan executive chef. Ini hanya merupakan penamaan yang berasal dari bahasa Perancis dan biasanya digunakan di restoran-restoran bergaya Eropa ataupun Amerika atau restoran-restoran yang mengambil atau mengadaptasikan dengan sistem restoran Perancis. Namun di beberapa tempat, istilah chef ini bisa juga sebagai chef yang bertanggung jawab di satu lokasi atau yang saat itu sedang bertanggung jawab di suatu tempat, jika restoran tersebut mempunyai beberapa restoran di tempat yang berbeda.
Sous chef, merupakan asisten dari executive chef dan mempunyai bidang yang sama. Bisa juga dikatakan sebagai wakil dari executive atau head chef tersebut. Dia bisa bertanggung jawab untuk memberikan ataupun membuat jadwal atau membuat record yang diperlukan executive chef seandainya ia sedang off duty. Namun untuk posisi yang satu ini di beberapa restoran ataupun tempat-tempat yang mempunyai pengoperasian yang kecil, mungkin tidak mempunyai posisi ini, meski di skala yang lebih besar, tak menutup kemungkinan justru mempunyai beberapa orang dalam posisi sebagai sous chef.
Expediter or Announcer (Aboyeur), bertugas untuk mengantarkan pesanan dari tempat makan ke dapur. Posisi ini juga biasa memberikan “finishing touch” pada hidangan sebelum diantarkan kepada pemesan. Meski demikian di beberapa restoran tugas tersebut bisa juga dipegang oleh executive chef ataupun sous chef.
Chef de Partie, dikenal juga sebagai “station chef” ataupun “line cook”, bertanggung jawab pada area tertentu yang telah ditunjuk sebelumnya. Di beberapa restoran ataupun tempat yang membutuhkan tenaga chef, station chef bisa mempunyai beberapa juru masak lainnya ataupun seorang asisten dalam menyiapkan suatu masakan. Namun bisa juga posisi ini hanya sebagai karyawan/juru masak biasa yang mempunyai kehalian atau memegang tanggung jawab pada suatu jenis masakan tertentu.
Sauté Chef (Saucier), mungkin Anda pernah mendengar posisi ini. ia bertugas atas pembuatan semua yang berhubungan dengan makanan yang diolah dengan cara menumis (sauteed) dan saus-saus yang melengkapinya.
Fish Chef (Poissonier), bertugas untuk menyiapkan hidangan yang berkaitan dengan seafood atau ikan-ikan bersama dengan pelengkapnya. Posisi ini juga biasanya dikaitkan dengan posisi sebagai suacier tersebut.
Roast Chef (Rotisseur), bertugas pada hidangan barbekyu ataupun hidangan yang diolah dengan cara dikukus (biasanya daging) bersama dengan pelengkapnya.
Grill Chef (Grillardin), bertugas pada hidangan barbekyu tidak hanya daging-dagingan saja namun juga pada jenis hidangan lain dengan pengolahan yang sama. Posisi ini juga bisa dikombinasikan dengan posisi sebagai rotisseur.
Fry Chef (Friturier), bertugas pada hidangan yang diolah dengan cara digoreng, posisi ini dikombinasikan dengan keahlian sebagai rottiseur.
Vegetable Chef (Entremetier), bertugas untuk menyiapkan hidangan panas seperti misalnya sup, sayuran, ataupun pasta.
Roundsman (Tournant), bertugas untuk menggantikan bagian mana yang membutuhkan chef di satu station di suatu dapur.
Cold-Foods Chef (Garde Manger), bisa dikategorikan sebagai pantry chef, bertugas untuk menyiapkan makanan dingin seperti misalnya salad, appetizer dingin, pâtés dan hidangan dingin lainnya.
Butcher (Boucher), seperti namanya, ia bertugas pada station daging-dagingan termasuk juga ikan-ikanan.
Pastry Chef (Pâtissier), menyiapkan berbagai hidangan seperti pastries ataupun aneka deserts lainnya. Terkadang pastry chef mempunyai dapur tersendri yang terpisah dari dapur utama.
Syarat khusus untuk menjadi chef
Kalau menjadi koki di restoran besar atau hotel, pendidikan khusus memang perlu. Karena banyak hal diajarkan di sekolah yang bukan cuma memasak. beda dengan seorang chef di restoran kecil, bisa memasak enak dan senang mencoba berbagai masakan saja sudah cukup,, tetapi tak sedikit para chef-chef hotel kebanyakan kerja di restoran tergantung gajin yang di janjikan
Keuntungan menjadi seorang koki
Salary koki memang cukup besar di bandingakn gaji karnyawan lain dan pluang usaha serta untuk mengecap kerja di luar negeri dengan penghasilan tinggi juga terbuka lebar. Atau, bila ilmu kita sudah cukup, kita juga bisa membuka usaha sendiri dengan keahlian yang dimiliki.

2 komentar:

  1. artikelnya sangat menginspirasi, jadi seorang koki memang pekerjaan yang butuh perjuangan besar.Jika anda membutuhkan perlengkanpan dapur stainless,silahkan kunjungi kami di sini:
    Perlengkapan Dapur Stainless

    BalasHapus
  2. artikelnya cukup lengkap dan penjelasannya lumayan bisa dimengerti. sangat membantu dalam menjawab keingintahuan saya mengenai profesi seorang chef.

    BalasHapus